Download Games | Komik | Software | Baca Artikel Pilihan

Blog Archive

Fakta dan Petaka Badai Matahari ( Solar Storm )

Semua mungkin semakin sering mendengar istilah badai matahari atau solar strom ditahun ini.terlebih penggambaran tentang badai matahari ini semakin marak dicinema cinema hollywood,yang menjadikan masyarakat dunia  semakin akrab dengan kalimat badai matahari..
film knowing salah satunya merupakan salah satu film yang mencoba menggambarkan penyebab hancurnya bumi,dimana sebab utama kehancuran planet ini dikarenakan adanya lontaran badai yang sangat besar yang bersumber dari matahari dan menabrak bumi.
Belakangan setelah semua itu entah bagaimana awal mulanya,masyarakat di berbagai belahan dunia tiba tiba saja ramai meramalkan akan terjadi badai matahari di tahun 2012..bahkan ada yang dengan extremnya meyakinkan semesta akan berakhir di tahun 2012
tentu saja mempercayainya adalah hal bodoh,sebab hakikatnya kiamat adalah rahasia semesta yang ketentuannya cuma ada pada kuasa sang maha pencipta.

Tak ada bahasan kiamat,semesta berakhir dan sebagainya,terkecuali prakiraan para ilmuan yang memang bergelut dibidang meteorologist da geo fisika,setidaknya itulah intisari artikel ini..sedikit fakta tentang apa yang ramai dibicarakan para ilmuan dan masyarakat dunia di 2011 , Badai matahari atau solar strom.

Matahari yang menyinari bumi selalu beraktivitas atau bergerak. Selama pergerakannya masih dalam taraf normal, matahari sama sekali tidak berbahaya terlebih layak dijadikan monster yang mengancam. Tapi sebagaimana alam,kegiatan matahari juga terkadang tak bisa ditebak terlebih diramalkan akan selalu sama disepanjang tahun,perubahan itu selalu ada pada bola panas terbesar dunia ini dan sepertinya akan selalu ada.
Berdasarkan penelitian dalam taraf prakiraan , setiap 11 tahun sekali terjadi aktivitas besar matahari. Salah satunya mengeluarkan badai berupa semburan proton dan elektron dari matahari itu sendiri.
Diperkirakan tahun 2012 akan menjadi puncak semburan badai matahari. dan oleh karena hal ini pembicaraan akan terjadinya kiamat ditahun 2012 menjadi ramai , terlebih setelah film dengan judul 2012 sukses menyita perhatian publik dunia.


Badai matahari bisa menjadi sangat berbahaya. Tapi beruntunglah Planet Bumi yang kita Huni masih sangat jauh dari matahari,ditambah lagi dengan adanya berbagai lapisan pelindung di langit sana salah satunya yang mungkin cukup kita kenal adalah Atmosfir.
Badai matahari cuma akan berbahaya bagi para astronot yang berada di orbit.disamping badai matahari dapat merenggut signal dan jaringan yang menghubungkannya dengan bumi badai matahari juga sewaktu waktu dapat mejadi petaka luar biasa yang sangat mampu merenggut nyawa mereka.

Berdasarkan penelitian dan kajian setelah  kejadian, akibat paling terasa jika terjadi badai matahari adalah:
Terganggunya saluran listrikdan jaringan komunikasi.
Menurut para ahli, seluruh alat komunikasi yang menggunakan sinyal elektromagnetik akan terganggu ketika badai matahari terjadi.beberapa alat komunikasi yang menggunakan sinyal elektromagnetik:
handphone, Gps, perangkat komunikasi satelit:Televisi, ATM, internet, wi-fi, dan Radio.
Badai baru sampai ke bumi sekitar dua hari.dan gangguan pada berbagai alat komunikasi mungkin akan terasa berhari hari.
Badai matahari pernah terjadi di quebec, Canada, pada Tanggal 13 maret 1989. Ketika itu sebanyak 6 juta orang kehilangan daya listrik selama 9 jam.
9 Jam tanpa daya listrik adalah efek badai matahari yang notabene bukanlah puncak ledakan Badai Matahari,Sedangkan tahun 2012 kedepan diperkirakan adalah puncak ledakannya.
Kemungkinan tentu menjadi sangat buruk dari yang terburuk,Bayangkan Jika seandainya anda tinggal dan hidup dikota besar sekelas metropolitan,yang dimana kehidupan dan lingkungan masyarakatnya sudah sangat tergantung akan sumber daya listrik.bayangkan jika kota metropolitan itu ada  tanpa listrik selama 2 x 24 jam ! buusyet..
Berapakah  kekuatan badai matahari sampai ke bumi ?
cahaya matahari sendiri terpancar dengan kecepatan 299.793 km/detik. Ketika terjadi ledakan kecepatannya bisa mencapai 400 km/detik.
Dan Perlu diketahui, badai matahari punya ukuran/ tingkatan / fase ledakan dari 1 sampai 5.
Ledakan yang terjadi tahun 2012 diperkirakan berada di level 3 atau kekuatan sedang.

Sumber
Namun..tahukah anda ? Meksipun sedang,kekuatannya sama dengan 66 juta kali ledakan bom atom yang pernah dijatuhkan Amerika diatas bumio hiroshima dan nagasaki, jepang di masa perang dunia ke 2 !

Artikel Terkait:

Faris Farhan

Comments
0 Comments

0 Komentar untuk "Fakta dan Petaka Badai Matahari ( Solar Storm )"

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z:

Posting Komentar

"Budayakan Berkomentar Setelah Membaca"

"Khusus buat Game"
"DOWNLOAD AND TRY AT YOUR OWN RISK"

Diberdayakan oleh Blogger.