Download Games | Komik | Software | Baca Artikel Pilihan

Blog Archive

Spesies Baru ! Cacing Ini Mampu Hidup Di Kedalaman 900 Meter

Cacing. makhluk kecil yang hidup di atas permukaan. Tetapi, cacing ini berbeda. Cacing mampu hidup Di Kedalaman 900 Meter Jauh di kedalaman lapisan air bawah tanah. Biasanya cacing hanya mampu hidup di atas permukaan saja. Tetapi, ini sekaligus mengejutkan para ilmuwan yang mengira hanya makhluk mikroorganisme saja yang dapat hidup di kedalam 900 meter lebih. Bagaimanakah bentuk cacing itu ? Dan bagaimanakah bentuk dari cacing itu ? Penasaran ?


Cacing Halicephalobus mephisto

Cacing Halicephalobus mephisto. Cacing ini di golongkan spesies baru. Sebelumnya banyak ilmuwan mengira hanya mikroorganisme saja yang mampu hidup di kedalaman 900-3600 meter. Waw... dalam sekali bukan ? Tullis Onstott, ilmuwan dari Princeton University, bersama rekannya dari Afrika Selatan, Belgia, dan Belanda menemukan spesies cacing baru yang disebut Halicephalobus mephisto. Ilmuwan menemukan cacing ini hidup di kedalaman 900-3.600 meter di lapisan air bawah tanah pada sebuah lokasi penambangan emas di Afrika Selatan.

Analisa yang di berikan kepada cacing tersebut, ternyata hal ini sungguh mengejutkannya. Analisa karbon menunjukkan bahwa air pada lapisan tempat spesies cacing itu ditemukan berusia 3.000-12.000 tahun. Onstott mengaku terkejut dan tak menyangka menemukan cacing di kedalaman tersebut. "Menakutkan setengah mati ketika pertama kali melihat cacing itu bergerak. Cacing itu terlihat seperti benda hitam kecil yang bergerak berputar-putar," ungkap Onstott

Cacing ini diduga dapat tertembus sampai kedalaman 900-3600 meter karena terbawa oleh air hujan yang terjadi di masa lalu. Dalam publikasinya di jurnal Nature, Rabu (1/6/11), Onstott menguraikan bahwa Halicephalobus mephisto masuk dalam filum Nematoda. Ia memiliki ukuran kecil, sekitar 0,55 mm serta bisa menoleransi temperatur hingga lebih dari 48 derajat celsius. Cara bereproduksi ialah secara aseksual (tanpa kawin) dan memilih makanan bakteri di bawah permukaan tanah.

Selain menemukan Halicephalobus mephisto, Onstott dan rekannya juga menemukan cacing lain, di antaranya Plectus aquatilis. Penemuan ini sekaligus membuat spekulasi berbeda terhadap pandangan bawah tanah yang terbilang tidak bisa didiami tersebut. Dengan mengetahui hal ini kita dapat memberi implikasi penting bagi pencarian makhluk hidup bawah tanah di planet lain di orbit Tata Surya. Itulah Spesies Baru ! Yang Mampu Hidup Di Kedalaman 900 Meter. Bagaiamana pendapat anda ?

Sumber : http://lintaszonabaca.blogspot.com/2011/06/spesies-baru-cacing-ini-mampu-hidup-di.html

Artikel Terkait:

Faris Farhan

Comments
0 Comments

0 Komentar untuk "Spesies Baru ! Cacing Ini Mampu Hidup Di Kedalaman 900 Meter"

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z:

Posting Komentar

"Budayakan Berkomentar Setelah Membaca"

"Khusus buat Game"
"DOWNLOAD AND TRY AT YOUR OWN RISK"

Diberdayakan oleh Blogger.