Download Games | Komik | Software | Baca Artikel Pilihan

Blog Archive

Sehatkan Jantung dengan Buah Segar


Kekurangan kalium di dalam darah (hipokalemia) dapat menyebabkan ganguan jantung. Kalium yang memadai dalam tubuh berfungsi sebagai penyeimbang asam-basa tubuh agar Anda terhindar dari serangan jantung.

Gangguan keseimbangan ini akan mengganggu kondisi tubuh secara keseluruhan. Ketidakseimbangan ini lebih mencemaskan bila sudah mengganggu fungsi jantung sehingga terjadi gangguan irama jantung. Untuk mencegahnya, penuhi kebutuhan kalium tubuh.


Kalium bisa didapatkan dari susu skim, burger, daging, dan tomat. Namun asupan kalium terbesar bisa didapatkan dari buah-buahan. Di antara buah-buahan, semangka dan pisang paling banyak kandungan kalium. Sedikitnya 1-2 buah pisang sehari mencukupi kebutuhan tubuh akan kalium.


Selain dari kurma dan kismis. Tomat juga lumayan banyak mengandung kalium. Dalam takaran sedang, tomat memberikan 340 mg kalium, separuh kandungan kalium dalam pisang. Selain itu jeruk, alpukat, dan stroberi sama banyak kandungan kaliumnya.


Selama ini anggur merah dianggap paling baik untuk kesehatan jantung. Tapi sebuah penelitian di Prancis yang dimuat dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa leci memiliki kandungan polifenol 15% lebih tinggi daripada anggur merah. Kandungan yang tinggi tersebut juga sangat penting sebagai pencegah kerusakan jaringan sel tubuh yang bisa menyebabkan kanker.


"Polifenol berperan sebagai benteng pertahanan yang melindungi tubuh dari serangan penyakit dan kerusakan sel,” kata David Grotto, penulis buku 101 Foods That Could Save Your Life!.


Sebuah studi di Sichuan University di China menyebutkan kandungan antioksidan leci juga sangat tinggi dan juga mampu mencegah terjadinya kanker payudara dan mencegah terbentuknya jaringan sel kanker payudara.


Selain kurma, kismis, laci, anggur merah, pisang ternyata juga memiliki kandungan kalium sangat tinggi. Terdapat sekitar 350 mg kalium dalam satu buah pisang berukuran sedang. Sebagai perbandingan, dua gigitan buah pisang berukuran besar setera dengan suplemen kalium dosis 99 mg. Itu sebabnya, pasien hipokalemia biasanya dianjurkan makan pisang oleh dokter.


Seperti penjelasan sebelumnya, semakin tinggi kadar kalium, risiko terkena serangan jantung dan stroke semakin rendah karena kalium dapat mengimbangi peran sodium di dalam tubuh.

Selain itu, pisang baik untuk orang yang sedang stres. Ketika stres, metabolisme tubuh meningkat drastis hingga mengurangi kadar kalium. Dengan makan pisang, kadar kalium akan kembali seimbang.

Keuntungan lainnya, kandungan sodium yang terdapat pada pisang cukup rendah. Ini menjadikan pisang aman dikonsumsi orang dengan tekanan darah tinggi yang harus melakukan diet rendah garam, tetapi membutuhkan kalium. Untuk memenuhi kebutuhan kalium dalam tubuh, dianjurkan mengonsumsi satu buah pisang per hari.


Sumber : http://www.tambahwawasan.com/2011/02/sehatkan-jantung-dengan-buah-segar.html 

Artikel Terkait:

Faris Farhan

Comments
2 Comments

2 Komentar untuk "Sehatkan Jantung dengan Buah Segar"

Buah Segar mengatakan... Reply Comment

Kami menyediakan buah segar untuk kesehatan jantung Anda.

Faris Farhan mengatakan... Reply Comment

terimakasih kunjungannya

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z:

Posting Komentar

"Budayakan Berkomentar Setelah Membaca"

"Khusus buat Game"
"DOWNLOAD AND TRY AT YOUR OWN RISK"

Diberdayakan oleh Blogger.